Sabtu, 20 Juni 2009

JK Janji Terapkan Otonomi Daerah yang Efektif


Jakarta
- Capres Jusuf Kalla (JK) melakukan kampanye di Jayapura, Papua. Dalam kesempatan itu JK berjanji menerapkan otonomi daerah yang efektif jika terpilih.

"Kita ini negara demokratis. Jika saya terpilih, otonomi akan saya terapkan secara efektif," kata JK dalam kampanye dialogis di Gedung Olahraga Cenderawasih, Jayapura, Papua, Sabtu (20/6/2009).

Menurutnya, otonomi yakng efektif adalah pemerintah hanya menentukan standar-standar umumnya saja. Sedangkan detailnya bermula dari bawah, terutama program-program kerakyatan.

"Semuanya dari bawah programnya. Pemerintah hanya mengatur standar-standar menyeluruh saja," kata JK dalam kampanye yang juga dihadiri oleh para pemain Persipura dan supporter Persipura Mania ini.

Dalam kesempatan itu JK juga menyayangkan tidak dimanfaatkannya secara maksimal sumberdaya alam yang kita miliki. "Kita adalah negeri terbaik, punya sumber daya alam yang terbaik. Tapi sayangnya kita kurang pada faktor leadership. Makanya kita harus menentukan leadership yang pro terhadap kepentingan bangsa," kata JK disambut riuh sekitar 3.000 hadirin.

Dalam beerapa kesempatan, JK memang seringkali menegaskan bahwa otonomi yang akan diterapkan bukanlah otonomi yang kepalanya dilepas tapi ekornya dipegang, melainkan otonomi yang diberi kebebasan kepada daerah.

( sho / gah )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar